Kamis, 04 Agustus 2011

Pelatih-pelatih yang pernah menangani Edwin van der Sar melontarkan pujian terhadap sang legenda

Edwin van der Sar - Manchester United (Getty Images)
WS
Eredivisie Belanda baru bergulir akhir pekan ini, tetapi stadion Amsterdam Arena sudah semarak Rabu (3/8) waktu setempat berkat laga testimonial kiper legendaris Edwin van der Sar.

Van der Sar sudah menyatakan pensiun bermain dari dunia sepakbola profesional akhir musim lalu. Untuk memperingati kiprahnya mulai dari Ajax Amsterdam hingga Manchester United, digelar sebuah laga di Arena mempertandingkan rekan-rekan yang pernah bermain bersamanya dalam satu tim.
Tidak ketinggalan pula para pelatih yang pernah menangani Van der Sar, seperti Louis van Gaal, Guus Hiddink, dan Sir Alex Ferguson. Tiga pelatih berkaliber top ini menyampaikan pendapat masing-masing tentang sosok sang legenda.

"Pertandingan malam ini menjelaskan status Edwin. Bukan hanya besarnya animo penonton, tetapi juga kedatangan para pemain bernama besar," ujar Van Gaal kepada NOS.

"Pada 1995 saya tahu dia punya karier yang cerah, tapi saya belum mengetahuinya pada 1992. Sebagai pelatih, saya harus melakukan keputusan jangka panjang. Pada pekan-pekan pertama, dia melakukan kesalahan sama seperti yang dilakukan Thomas Kraft di Bayern Munich musim lalu, tapi itu wajar saja."

Kemudian, ganti Hiddink yang berbicara.

"Hal unik dari Edwin adalah dia selalu berpikir sederhana, itu berdasarkan pada kualitas dan ketenangan. Dia mengoreksi permainan dengan sangat mulus. Dia sangat dihormati rekan-rekan setimnya," ujar pelatih yang bekerja sama dengan Van der Sar di timnas Belanda.

Terakhir, Ferguson yang masih belum bisa menyembunyikan penyesalan tidak merekrut Van der Sar lebih cepat.

"Kariernya berjalan hebat karena dia punya karakter yang kuat. Level penampilannya bertahan lama, mengagumkan. Dia orang hebat. Saya baru saja bilang kepada Van Gaal, Van der Sar selalu punya kalimat yang mengena saat jeda," imbuh sang bos.

"Seharusnya saya langsung merekrutnya ketika Peter Schmeichel hengkang. Tapi itu salah saya. Saya senang kami akhirnya bisa mendatangkannya. Saya kira akan ada masa depan untuknya di United karena dia akan menjadi duta klub. Sekarang dia ingin beristirahat satu tahun, setelahnya kita tunggu keputusannya."

Laga testimonial Van der Sar mempertemukan skuad Ajax generasi 1995 dengan Belanda 1998 serta rekan-rekan setim sang kiper melawan tim Ajax saat ini.

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Akmal Komputer | Bloggerized by Akmal Andirga Sahputra - Akmal Komputer | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India