Jumat, 23 November 2012

Pluralitas Agama

Fenomena keberagaman agama merupakan salah satu persoalan yang dihadapi oleh pemikiran keagamaan. Eksistensi komunitas yang didalamnya orang orang dari berbagai tradisi agama hidup bersama dan ekspansi hubungan social berikut komunikasi di gerbang millennium ketiga merupakan alas an alasan untuk memperhatikan isu penting. Persoalan utamanya adalah bagamana cara untuk memahami dan menjelaskan secara lebih baik ihkwal keberagaman agama tersebut ? Apakah salah satu dari agama yang ada merupakan satu satunya agama yang autentik, sempurna, dan hakiki sementara agama lain tidak sah ? atau, mungkinkah kita melihat cahaya kebenaran disemua agama di dunia sehingga mereka dianggap sebagai cermin cermin yang berbeda yang memantulkan cahaya kebenaran dan keselamatan ?
saya telah membaca beberapa buku tentang pluralitas agama. Apabila hanya penganut salah satu agama tertentu yang bisa meraih keselamatan, maka bagaimana halnya dengan rahmat, cinta, petunjuk Tuhan dapat dipahami ? disisi lain, jika kemungkinan keselamatan mencakup semua penganut agama yang berbeda tadi, maka bagaimana bisa orang orang yang berbeda dengan keyakinan agama yang berbeda secara radikal meraih keselamatan? Pertanyaan pertanyaan penting dan problematis tersebut merupakan problem problem utama keberagaman agama.
Para pemikir muslim telah mencoba membedah pertanyaan-pertanyaan tersebut menurut kecenderungan dan posisi intelektual mereka. Buku –buku yang ada merupakan upaya salah seorang pemikir muslim yang mencoba menganalisis dan mengkritisi sebagian jawaban mengenai persoalan keberagmana agama, khususnya pluralism agama yang diusung oleh pendukung utamanya, Jhon Hick. Selanjutnya, yang mengusulkan suatu jawaban islam berdasarkan sumber-sumber islam sendiri.

1 comments:

Anonim mengatakan...

apa njo kau akmal??
dmanako itu dapat??
ini baca..

http://muslim.or.id/manhaj/pluralisme-agama-trend-pemikiran-semua-agama-adalah-sama.html

http://asysyariah.com/jalan-keselamatan-kembali-kepada-shahabat.html

Posting Komentar

 
Design by Akmal Komputer | Bloggerized by Akmal Andirga Sahputra - Akmal Komputer | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India